New Resep

RESEP CARA MEMBUAT BIKA AMBON

Assalamu'alaikum 🙏
Pertama kali buat bika ambon 🙈 hehehe.. seratnya kurang banyak dan juga kurang kokoh 😯 belum set bener bener tapi uda diangkat 🙈 huaaa, 😣 kesalahan terletak pada saya 🙈 suhu ketinggian dan belum mateng bener uda diangkat 🙈 (mikirnya, daripada gosong mending diangkat 😂 ndak taunya kurang set bener kuenya 🙈)
Walau ndk pede, saya setor ya 😭

Resepnya nyontek punya Mba Aisy aisyahdiyo yang adaptasi dari resep Bude Mit mitry1708 🙏

RESEP BIKA AMBON

Bahan Biang
🔸 3 sdm tepung terigu
🔸 1 sdt gula pasir
🔸 1 sdt ragi instan
🔸 50 ml air kelapa

Bahan Lainnya
🔸 85 gram tepung sagu
🔸 1/2 sdt vanilla
🔸 150 ml santan kental (lebihkan sedikit)
🔸 3 lembar daun pandan potong2
🔸 3 lembar daun jeruk
🔸 1/2 sdt garam
🔸 2 kuning telur
🔸 1 butir telur
🔸 100 gram gula pasir
🔸 1 sdm minyak sayur/margarin cair


Cara Membuat BIKA AMBON
🔸 Masak santan, garam dan daun pandan dengan api kecil sampai mendidih bagian tepinya. Angkat dan saring sampai mencapai 150 ml. Dinginkan.
🔸 Dalam mangkuk campur semua bahan biang dan aduk rata. Tutup dan diamkan selama 15 menit.
🔸 Kocok gula dan telur dengan whisk sebentar saja sampai gula larut.
🔸 Masukkan adonan biang kedalam sagu sambil diaduk. Kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil aduk rata. Masukkan kocokan telur dan aduk rata lagi. Terakhir masukkan minyak sayur/margarin cair. Aduk rata, tutup dan biarkan selama 2 jam.
🔸 Siapkan loyang yg di oles tipis dengan minyak, lalu loyang terlebih dahulu di panaskan dalam oven selama 15 menit dengan suhu tinggi.
🔸 Tuang adonan dalam loyang ( jangan lupa sebelum menuang aduk rata dulu adonannya, baru dituang). Panggang dengan suhu 160 °C dengan pintu oven terbuka sedikit, selama 30 menit sampai bagian atas adonan terlihat banyak buih kecil. Setelah terlihat buih kecil banyak tutup pintu oven, lanjutkan mengoven selama 25 menit ( sesuaikan dengan oven masing masing ya) oven sampai matang dan set bagian atas bika nya.
🔸 Angkat, dinginkan. Sajikan.

0 Response to "RESEP CARA MEMBUAT BIKA AMBON"