New Resep

Resep Membuat Bakpia

cemilan kesukaan saya dan keluarga. dulu kalau main ke jogja harus beli jajanan khas jogja ini. Berhubung sekarang jarang ke jogja, saya sering membuatnya di rumah.
Bakpia ini saya modifikasi dari buku aneka kue pakai teflon, saya membuat dua kali resep dan ada beberapa bahan yang saya tambah dan kurangi. Untuk bahan isian saya pakai resep sendiri. Ini saya tulis hasil modifikasi saya.
Dari resep tersebut jadi 22 bakpia ukuran besar.
Resep Bakpia
Bahan isian:
100 gram kacang hijau berkulit
1/4 sdt garam halus
100 ml santan kental
5 sdm gula pasir
1 sdm vanilla extract
1 lembar daun pandan (sy skip)

Kulit:
Bahan A:
250 gram tepung terigu serba guna
50 gram caster sugar (bisa pakai gula biasa)
25 gram mentega tawar suhu ruang
25 gram margarin suhu ruang
100 ml air
50 ml canola oil(bisa diganti minyak sayur biasa)

Bahan B:
100 gram terigu serba guna
30 ml canola oil (bisa pakai minyak sayur yang lain)
30 gram margarin, suhu ruang


Cara membuat Bakpia :
Buat bahan isian:
rebus kacang hijau sampai empuk, tiriskan
Haluskan kacang hijau
Siapkan wajan tuang kacang hijau halus tambahkan gula garam vanilla extract dan santan. Aduk2 sampai kalis
Timbang seberat 15 gram (atau bagi menjadi 22 sama besarnya) bentuk2 bulat pipih. Sisihkan

Buat kulitnya:
bahan A: campur terigu, gula, garam, minyak, margarin dan mentega lalu susul dengan air. aduk2 sampai rata dan kalis *saat memasukkan air, sedikit demi sedikit ya, jika dirasa sudah bisa dibentuk2 penambahan air bisa dihentikan.
Campur semua bahan B, aduk rata.
Ambil adonan A, kurang lebih 20-22 gram (atau bagi jadi 22 buah sama besarnya) gilas dengan rolling pin.
Lalu ambil adonan B Kurang lebih 10 gram taruh di atas adonan A, gilas lagi dg rolling pin, Taruh bahan isian, bentuk bulat pipih.
Panggang disuhu 180℃, selama 30 menit, setelah 15 menit pertama balikkan bakpianya ya.
Keluarkan dari oven, biarkan dingin dan sajikan.

0 Response to "Resep Membuat Bakpia"